formalbercerita #5

 

Sampai juga kita di awal 2018!

Sebagai pembuka tahun yang luar biasa ini, dalam Formal Bercerita edisi kelima ada teman kita Aditya Pradana Ganda Saputra yang baru saja menyelesaikan pendidikan masternya yaitu Master of Science in Infrastructure Planning di Universität Stuttgart. Ganda akan menceritakan kesannya bagaimana Jerman telah membuat dia kagum dengan negara ini. Yuk kita simak bersama!

 

Kesan:

Saya sangat bersyukur karena telah mengambil keputusan untuk keputusan melanjutkan studi di Jerman. Pada awalnya keputusan saya untuk melanjutkan studi hanya didasari oleh keinginan untuk mendalami aspek teknik dari perencanaan infrastruktur. Oleh karena itu dipilihlah Jerman yang notabene terkenal dengan aspek tekniknya sebagai tujuan studi pada jenjang master.

Menempuh studi di Jerman mungkin tidak mudah karena satu dan dua hal. Meskipun begitu semakin lama di Jerman, secara pribadi dan sebagai insan yang mendalami perencanaan wilayah dan kota, saya semakin kagum dengan negara tersebut. Saya sadar bahwa inilah Jerman, negara yang paling tidak sudah dua kali dalam posisi yang tidak menguntungkan (kekalahan perang dan kewajiban membayar war reparations), namun selalu bisa bangkit menjadi jajaran terdepan. Jangan dikira kemajuan tersebut hanya karena pengembangan di bidang ilmu, teknologi, dan industri, hal tersebut juga didorong oleh pemikiran yang menyeluruh dalam jangka panjang oleh para pemangku kepentingan: pemikiran akan sistem pendidikan, kesehatan, ekonomi, administrasi pemerintahan, dan lain sebagainya. Setiap aspek dan setiap pekerjaan dianggap sebagai bagian penting dari fungsi berkehidupan bermasyarakat. Sebagai contoh, blue-collar worker mendapatkan pendapatan yang layak dengan didukung segala kebijakan yang menjamin mereka. Meskipun mungkin diibaratkan hanya sebagai komponen pendukung dari sebuah sistem mesin, namun mesin tidak dapat berjalan optimal dan efisien atau bahkan tidak berjalan sama sekali apabila komponen yang kecil tersebut tidak dalam kondisi baik. Itulah yang mungkin dipahami oleh Jerman.

Tinggal di Jerman semakin membuka pemahaman saya mengenai apa yang harus saya lakukan dan untuk lebih saya dalami sebagai seorang urban planner.

 

Pesan:

Keinginan untuk menempuh studi atau untuk bekerja di luar negeri mungkin bagi kebanyakan orang di negara kita bagaikan hanya sebuah impian. Tetapi janganlah takut, karena sebenarnya banyak sekali kesempatan untuk meraih itu. Mungkin akan terasa berat untuk mengambil langkah awal, namun akan lebih mudah setelah itu. Jerman mungkin dapat menjadi salah satu opsi keran negara tersebut menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dengan terjangkau dan kesempatan kerja yang luas.

Saya pribadi berharap agar semakin banyak orang Indonesia yang merantau, belajar, mencari pengalaman dan bekerja di luar tanah air. Ayo sama-sama kita bangun identitas bangsa Indonesia dan tunjukan ke dunia bagaimana bangsa kita dan apa yang bisa kita lakukan.

 

Jika ingin bertanya lebih jauh lagi tentang hidup di Jerman bisa menghubungi langsung Ganda di:

Facebook: Aditya Saputra

Instagram: @adityapgandas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *