formalbercerita #9

Formal Bercerita kembali lagi!

Di edisi kesembilan ini ada teman kita Raynard Daniel Finantar yang akan membagikan kisahkan hidup dan berkuliah di wilayah Bavaria Jerman, tepatnya di kota München. Daniel sendiri menempuh pendidikan Master of Science in Land Management and Land Tenure di Technische Universität München. Yuk disimak ceritanya!

Kesan:

Kuliah di negara empat musim tentunya tidak pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya, terlebih di negara yang terkenal akan tingkat kedisiplinannya yang tinggi. Namun, saya amat bersyukur bahwa kesempatan ini pada akhirnya datang dan saya pun mengapresiasikannya dengan cara memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin untuk mengembangkan potensi diri dari sisi akademik maupun sosial.

Singkatnya, kuliah saya banyak berkutat mengenai isu-isu pertanahan yang terkait dengan pengembangan suatu wilayah. Pembahasannya pun beragam, mulai dari aspek teknis/geodetis hingga aspek kebijakan terkait manajemen lahan untuk mewujudkan good governance and sustainable development. Yang menarik dari kasus ini adalah bagaimana saya dapat mempelajari dan memahami perspektif teman-teman dari latar belakang negara berbeda terkait pembahasan konteks masalah pertanahan. Hal ini tentu berdampak positif dan memperkaya pemikiran saya dalam rangka mengambil keputusan sebagai pemimpin di masa mendatang.

Selama tinggal di Jerman, saya pun sangat kagum dengan sistem transportasi, perencanaan perumahan maupun kebersihan yang sudah sangat teratur diterapkan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari sumber daya manusia yang berdedikasi penuh akan keahlian pada bidangnya masing-masing. Fokus dan integritas merupakan modal utama para pekerja dalam membangun negaranya. Pelajaran berharga ini saya peroleh ketika menjalani magang di salah satu kantor pemerintah Jerman.

Selain suka tentu ada duka. Masih teringat ketika saya bergumul dengan budaya dan bahasa baru di lingkungan internasional. Terkadang muncul rasa frustrasi ketika saya kurang mampu beradaptasi pada masa awal perkuliahan. Belum lagi, ketika itu saya juga harus mengemban tanggung jawab sebagai pengurus Formal Jerman. Namun, tantangan ini pada akhirnya berbalik menjadi suatu motivasi dan kebahagiaan yang tidak ternilai harganya.

Pesan:

Tidak harus jadi yang terbaik untuk dapat memberikan yang terbaik bagi negara kita tercinta. Saya percaya bahwa setiap orang memiliki talenta dan bagiannya masing-masing untuk saling melengkapi. Dari talenta inilah kita dapat mengambil peran untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat dan sejahtera.

Terkhusus bagi teman-teman yang berminat di bidang engineering dan science, Jerman adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan pengetahuanmu. Selain itu, negara ini juga sangat kental dengan musik klasiknya. Terbukti dengan lahirnya musisi ternama seperti Bach dan Beethoven yang karyanya tetap abadi hingga saat ini.

Teruslah berjuang dan bercita-citalah setinggi mungkin.

Learning is fun. Always try to enhance yourself with a new knowledge. It’s like a gun, which can help you to encounter a fast changing and a very dynamic world. Push yourself to the limit, so that you can see the world from many perspectives.

Jika ini bertanya lebih jauh mengenai program perkuliahannya, Daniel bisa dikontak di:

Facebook: Raynard Daniel

Instagram: @raynarddaniel