Würzburg view (Courtesy: trekearth.com)

Würzburg view (Courtesy: trekearth.com)

Herman Hesse, seorang sastrawan Jerman pernah berujar, ”If I could choose my place of birth, I would consider Würzburg”. Sebuah ungkapan yang pasti akan dimaklumi siapapun yang pernah menjejakkan kakinya di kota kecil ini, termasuk kami yang mengujunginya beberapa waktu lalu.

Terletak di dekat Frankfurt Am Main dan Nürnberg, Würzburg menyuguhkan pemandangan perkebunan anggur sebagai latar belakang kota kecil di tepi aliran sungai Main tersebut. Sebagai bagian dari negara bagian Bavaria, kota seluas 87.6 km persegi ini, memiliki pesona sejarah yang terserak di setiap sisinya.

Würzburg Residence (Courtesy: Wikimedia Commons)

Würzburg Residence
(Courtesy: Wikimedia Commons)

Tak berapa jauh dari Stasiun Utamanya, kita bisa menemui Würzburg Residence, istana yang dahulu diperuntukan sebagai guest house bagi tamu kerajaan lengkap dengan taman yang cantik dan apik. Bagi pecinta karya arsitektur bernuansa Baroque, tempat ini pasti akan memuaskan hati dan mata Anda. Sementara, Istana utama yang dikenal dengan nama Festung Marienberg terletak di atas bukit yang dikelilingi pohon-pohon anggur. Meski cukup jauh, namun Anda tidak perlu khawatir, karena pemerintah kota menyediakan bus yang akan menghantarkan para wisatawan hingga ke gerbang istana.

Festung Marienberg (Courtesy: schloesser.bayern.de)

Festung Marienberg
 (Courtesy: schloesser.bayern.de)

Jalur lain menuju Istana Marienberg yang juga sering ditemput peziarah kota yang menyukai tantangan adalah melewati jembatan tua. Di atas jembatan yang juga merupakan salah satu destinasi wisata Würzburg biasanya para wisatawan menikmati pesona kota, sungai Main sambil meneguk anggur putih yang memang menjadi komoditi unggulan kota ini.

Alte Brücke – The Old Bridge Würzburg (Courtesy: travel.fish)

Alte Brücke – The Old Bridge Würzburg
(Courtesy: travel.fish)

Selain beragam bangunan tua khas Eropa yang sarat sejarah, Würzburg juga menjadi saksi penemuan penting dari ilmuwan ternama yang hingga kini masih digunakan khususnya dalam bidang kedokteran. Ya, hanya sekitar 100 meter dari Stasiun Utama kita akan menemukan laboratorium yang dahulu digunakan Wilhelm C. Rӧntgen untuk beragam eksperimen, termasuk Rontgen yang melegenda itu.

Laboratorium Rӧntgen (Courtesy: Wikimedia.org)

Laboratorium Rӧntgen
(Courtesy: Wikimedia.org)

Demikian ulasan singkat saya tentang kota cantik ini. Banyak hal lain tentang Würzburg yang tidak mampu diwakili oleh tulisan singkat ini. Datangi, jelajahi dan bersiap jatuh hati dengan pesonanya!

 

Kontributor: Vira Agustina, Awardee LPDP Jerman