Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hai teman-teman semua, pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan mengenai salah satu agenda yang terkece dan ditunggu oleh anak-anak Formal Jerman, yaitu Muktamar. Pada tahun 2017, Muktamar Formal Jerman diadakan di kota yang menjadi tempat lahir beberapa perusahaan besar di dunia seperti Mercedes, Porsche, Bosch dan Ritter Sport. Apa hayo? Tebak hayo dikota apa? Yap benar sekali, Muktamar kali ini diadakan di Stuttgart!

 

Muktamar Formal di Stuttgart diadakan pada tanggal 9-10 September 2017. Pada hari pertama, acara Muktamar lebih didominasi agenda yang cukup serius seperti pembahasan revisi AD-ART dan pemilihan Koordinator Formal Jerman yang baru. Oleh karena itu acaranya diadakan di Horsaal Gedung Fakultas Kimia Universitas Stuttgart. Pada Muktamar kali ini, yang mendapatkan amanah menjadi Koordinator Formal Jerman yang baru adalah Muhammad Aulia Alwan. Beliau saat ini sedang berkuliah di Christian-Albrechts-Universität zu Kiel Jurusan Marine Geoscience. Meskipun agenda hari pertama cukup serius, namun karena dipandu oleh artis ibukota yaitu Raisa dan Hamish (Ihsan Muchsin) serta ditambah dengan konten-konten menarik seperti games dan tukar kado, maka acara tersebut berjalan menjadi lebih santai.

 

Foto bersama di Universität Stuttgart

Foto bersama di Universität Stuttgart

 

Setelah agenda rapat selesai, acara dilanjutkan dengan mengunjungi Istana Solitude (Schloss Solitude). Istana yang didirikan pada 1764 merupakan salah satu istana yang indah di kota ini. Namun disayangkan ketika mengunjungi istana ini, cuaca sedang tidak mendukung alias sedang diguyur hujan. Meskipun demikian, turunnya hujan insya Allah akan menjadi berkah bagi kepengurusan Formal Jerman yang selanjutnya. Aamiin! Setelah puas menikmati keindahan Istana Solitude, waktunya makan malam. Makan malam dihari pertama ini dilakukan di pusat kota Stuttgart (Stuttgart-Stadtmitte). Di Stadtmitte terdapat berbagai macam menu makanan, sehingga para peserta Muktamar bebas memilih makanan enak yang ada di Stuttgart.

 

Schloss Solitude

Schloss Solitude

 

Pada hari kedua, acara diisi dengan tour keliling kota Stuttgart dan sekitarnya. Pertama-tama, peserta Muktamar Stuttgart mengunjungi Mercedes-Benz Museum. Di museum tersebut, pengunjung disajikan perkembangan model otomatif yang dikembangkan oleh Mercedes-Benz mulai dari didirikan hingga saat ini, serta sejarah mengenai perusahaan tersebut. Setelah mengunjungi Museum Mercedes-Benz, peserta makan dan shalat di Bad Canstat yang terletak tidak jauh dari museum. Setelah itu peserta menuju kota kecil di dekat Stuttgart, yaitu Esslingen. Meskipun kota kecil, Esslingen memiliki spot-spot yang menarik untuk dikunjungi dan pastinya instagrammable.

 

Foto kebersamaan peserta Muktamar Stuttgart ketika mengunjungi Museum Mercedes- Benz

Foto kebersamaan peserta Muktamar Stuttgart ketika mengunjungi Museum Mercedes- Benz

 

Kebersamaan Pengurus Formal Jerman saat mengunjungi Esslingen

Kebersamaan Pengurus Formal Jerman saat mengunjungi Esslingen

 

Demikian cerita dari saya mengenai Muktamar Formal Jerman tahun ini di Stuttgart. Semoga Formal Jerman akan makin maju kedepannya. Aamiin.

 

Profil Penulis:

Miftahussurur Hamidi Putra adalah mahasiswa International Master in PHYSICS di Universität Stuttgart. Selain berkuliah, Putra juga aktif sebagai student assistant di Institut Computational Physics Uni Stuttgart.