Stuttgart adalah salah satu kota besar yang berada di Jerman. Kota tersebut terletak di wilayah State Baden-Württemberg dan merupakan ibukota dari State tersebut. Kota stuttgart memiliki jarak sekitar 205 KM dari Kota Frankfurt dan 235 KM dari Kota Munich. Keberadaan bandara dan lokasi yang dilalui jalur antar kota menjadikanStuttgart menjadi Kota yang mudah diakses.

Selain dikenal sebagai pusat dari industri otomotif di Jerman, Stuttgart juga merupakan sebuah kota tujuan wisata. Bentang alam di wilayah Stuttgart yang indah merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Dibandingkan dengan kota-kota lain di Jerman, Stuttgart memiliki topografi yang relatif berbukit, bahkan lokasi Kota Stuttgart berada di lembah yang dikelilingi area perbukitan.  Landscape yang indah tersebut menjadikan pengalaman mengunjungi Stuttgart berbeda dari saat mengunjungi kota Jerman yang lain. Tidak hanya landscape yang menjadikan Kota Stuttgart menjadi destinasi wisata, namun juga hiburan lainnya, termasuk dengan adanya festival dan event tahunan.

Keberadaan sistem jaringan transportasi yang baik dan terintegrasi, sangat memudahkan pengunjung untuk mengelilingi Kota Stuttgart serta destinasi wisata di sekitarnya. Sistem transportasi publik di Kota Stuttgart dikelola oleh perusahaan bernama VVS. Prasarana transportasi yang termasuk dalam pengelolaan VVS antara lain bus, U-Bahn, dan S-Bahn. Berikut adalah alamat website mengenai pelayanan VVS : http://www.vvs.de/home-vvs/.

Salah satu landmark dari Kota Stuttgart adalah New Palace yang berada di pusat Kota. Bangunan bergaya arsitektur Baroque tersebut dahulunya adalah kediaman Raja Württemberg di tahun 1746 – 1797 dan tahun 1805 to 1807. Bangunan tersebut pada saat ini difungsikan sebagai gedung Parlemen wilayah State Baden-Württemberg. Tepat bersebelahan dengan gedung tersebut terdapat sebuah Square terbesar di pusat Kota Stuttgart. Square yang bernama Schlossplatz tersebut biasa digunakan sebagai lokasi diadakannya event besar di Kota Stuttgart. Ditengah area tersebut terdapat sebuah monumen penting yang bersejarah, sebagai peringatan hari ulang tahun ke 60 Raja Wilhelm I dari Württemberg. Konigstrase yang juga merupakan area perbelanjaan di Stuttgart juga terletak tidak jauh dari kedua lokasi yang diceritakan sebelumnya. Konigstrase menjadi sebuah tempat yang ramai dikunjungi terutama di akhir pekan.

 

stuttgart

Suasana Schlossplatz, Stuttgart

Stuttgart juga memiliki beberapa museum terkemuka, antara lain adalah Museum Mercedes dan Museum Porsche. Mengunjungi Kota yang dikenal sebagai pusat industri otomotif, tidak akan lengkap rasanya tanpa menyempatkan diri mengunjungi kedua museum tersebut. Museum tersebut menyajikan perjalanan sejarah perusahaan dan para pendirinya hingga catatan penting perjalanan perusahaan tersebut. Selain informasi tersebut, hal yang paling menjadi daya tarik utama keduanya adalah ditampilkannya koleksi hasil produksi dari kedua pabrikan tersebut, lintas jaman dari produksi di masa lalu hingga prototype desain futuristik. Wahana simulasi kendaraan balap pun tersedia untuk memberikan pengalaman bagi pengunjung.

stuttgart2

Simulasi Mobil Balap _Posche Museum

stuttgart 3

Koleksi di Mercedes Benz Museum

 

Menjelajah di alam terbuka juga merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk dilakukan di Stuttgart. Salah satunya adalah dengan mengunjungi sebuah taman perkotaan yang bernama Killesberg. Di taman tersebut terdapat sebuah menara observasi setinggi 40 meter. Menara yang berbentuk unik tersebut merupakan salah satu landmark yang ada di Kota Stuttgart. Dari atas menara tersebut , nampak pemandangan landscape Kota Stuttgart yang jelas. Kebun anggur yang berada di perbukitan di sekeliling Kota Stuttgart juga menyajikan suasana nyaman bernuansa alam namun memiliki pemandangan yang juga indah untuk dipandang.

Banyak hal yang menyenangkan di Stuttgart untuk dinikmati dan masih banyak tempat yang dapat dijelajahi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan lihat di : https://www.stuttgart-tourist.de/en. Selamat menikmati keindahan Kota Stuttgart.

Aditya Pradana Ganda Saputra

PK-31