Hannover (Courtesy: hannover.de)

Kota yang terletak di kawasan utara Jerman ini merupakan ibukota dari Bundesland Niedersachsen atau Lower Saxony sekaligus kota terbesar ke-13 di Republik Federal Jerman. Karena letaknya yang secara geografis berada di tengah Eropa, Hannover kemudian menjadi meeting point favorit bagi para pebisnis atau penguasa sejak dulu kala. Hannover pun kemudian menjelma menjadi Messestadt – kota pameran, karena sepanjang tahun beragam ekshibisi digelar di area pameran terbesar di dunia, bahkan beberapa bertaraf internasional seperti CeBIT (pameran terbesar di dunia untuk bidang Informasi Teknologi) dan Hannover Messe.

Exhibition Center Hannover (Courtesy: visithannover.com)

Exhibition Center Hannover
(Courtesy: visithannover.com)

Dalam sejarah, Hannover sebelum masa Perang Dunia (PD) adalah salah satu kota industri dan jalur transportasi yang penting di Jerman. Karena itulah, kota ini luluh lantak dibumihanguskan pada PD II. Meskipun begitu, mengingat peran besar dan sejarah panjang Hannover, hampir seluruh situs bersejarah di kota ini dibangun kembali.

Stasiun Utama Hannover – Hannover Hauptbahnhof (Courtesy: Wikimedia commons)

Stasiun Utama Hannover – Hannover Hauptbahnhof (Courtesy: Wikimedia commons)

Selayaknya kota besar lain di Eropa, Hannover juga menyuguhkan beragam destinasi wisata. Neues Rathaus (Balaikota), Maschsee, Altstadt (kawasan kota tua), Herrenhäusergarten (kompleks taman kerajaan), dan Leibniz Zoo Hannover (salah satu kebun binatang terbaik di Eropa) adalah beberapa objek wisata yang paling sering dikunjungi. Bagi para penyuka wisata edukatif, Hannover juga memiliki berbagai museum dengan beragam koleksi menarik dan gratis dikunjungi di hari Jumat setiap minggunya.

Maschsee Hannover (Courtesy: hannover.de)

Maschsee Hannover
(Courtesy: hannover.de)

Selain wisata, kota yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai city of music ini juga salah satu kota tujuan para pelajar dari berbagai negara. Leibniz University Hannover adalah salah satu Universitas terbaik di Jerman, begitu pula Hannover Medical School yang terkenal sebagai pusat riset jantung artifisial dan cochlear implant terbaik dunia. Biaya hidup yang relatif murah menambah daya tarik pelajar dari berbagai penjuru dunia untuk mengecap pendidikan di kota ini.

Gottfried Wilhelm Leibniz Universität Hannover (Courtesy: FBoller.de)

Gottfried Wilhelm Leibniz Universität Hannover
(Courtesy: FBoller.de)

Hannoveraner, sebutan untuk penduduk Hannover adalah penutur Hochdeutsch, yang menjadi standard bahasa Jerman. Sehingga belajar bahasa Jerman di kota ini adalah pilihan tepat. Meski secara umum penduduk Hannover kaku dan nampak tidak ramah sebagaimana lazimnya orang-orang di kawasan utara Jerman, mereka sangat menyukai musik, seni dan berbagai perayaan. Bahkan Oktoberfest di Hannover merupakan perayaan terbesar kedua setelah Munich. Setiap musim panas, Hannover juga menjadi penyelenggara festival kembang api internasional dan selalu menyajikan pertunjukan spektakuler di kawasan Herrenhäusergarten.

Neues Rathaus Hannover (Courtesy: Elizabeth Kovar)

Neues Rathaus Hannover
(Courtesy: Elizabeth Kovar)

 

Bitte kommen und besuchen Sie Hannover.. das Zentrum Europas!

10 Mei 2016

Vira Agustina