Baden-Wuerttemberg atau disingkat BW merupakan salah satu bundesland di Jerman yg terletak di bagian barat daya negara Jerman. Bundesland ini terkenal memiliki kota-kota besar yang cantik yang menjadi jujugan para turis lokal maupun internasional. Sebut saja Stuttgart yang terkenal dengan museum automotifnya yaitu museum Mercedez-Benz dan museum Porsche. Ada juga Heidelberg, kota tua, besar nan indah dengan universitas yang berdiri pertama kali di Jerman dan juga menjadi jujugan turis internasional karena kastilnya yang megah dan spots tourism lainnya. Ada juga Freiburg yang terkenal dengan Schwarzwald-nya atau disebut juga Black Forest dalam bahasa Inggris. Tak ketinggalan Konstanz. Kota ini memiliki danau besar yang bernama Bodensee dan juga pulau penuh bunga yang tak kalah ciamik dengan Keukenhof di Belanda, yang bernama Mainau Insel.

Nah, selain kota-kota besar di atas, BW juga punya banyak kota-kota lain yang tak kalah cantik dan unik dan tentunya sangat layak untuk dikunjungi di kala senggang. Berikut ini beberapa kota kecil di BW yang telah saya kunjungi, yang memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadikan kota tersebut sangat menarik untuk dikunjungi dan antimainstream.

  1. TUEBINGEN

Kota ini merupakan tempat pertama kali asam nukleat diisolasi (promosi dikit boleh lah ya) :p. Kota Tuebingen yang merupakan kota tempat saya saat ini bersemayam berjarak sekitar 30 Km dari Stuttgart. Kota universitas ini terkenal dengan satu spot yang “fotoable” (hahahaha) yang dikenal dengan Neckarbruecke. Belum ke Tuebingen kalo belum berfoto dengan latar belakang Neckarbruecke (wkwkwkw). Ada juga spot tourisms lain, misal Bebenhausen, dll dkk dst lah.. hehe.. liat foto-fto di bawah ini yah… Oh ya, Tuebingen juga terkenal dengan Schokofest yang terbesar di Jerman lo..

1

2 3 4 5

  1. HECHINGEN

Kota kecil dan ayem ini terletak tak jauh dari Tuebingen. Kota ini terkenal dengan kastilnya yang megah bernama Schloss Hohenzollern. Kita bisa masuk ke kastil dengan membayar retribusi kira-kira * Euro untuk pelajar perorang. Kita juga bisa ikut guided tour buat masuk ke dalam kastilnya. Gak ada kata-kata lagi yang bisa menggambarkan megahnya kastil ini, langsung cek fotonya aja ya..

7

8

  1. GENGENBACH

Kota kecil ini masih bagian dari Schwarzwald atau Black Forest. Jadi, kita bisa beli kue black forest yang otentik di sini.. hihi (awas beralkohol). Selain itu arsitektur rumah-rumahnya juga kebanyakan masih kuno dan otentik. Cekidot.

15 16

  1. BRUCHSAL

Bruchsal terletak gak jauh dari Karlsruhe, Cuma 20 menitan naik S-Bahn. Di kota ini kastilnya agak beda dari kota lain di Jerman. Gaya arsitekturnya lebih modern tapi terlihat elegan (tsaah, sok ngerti). Di kastilnya juga ada museum musikautomat lo. Jadi mesin-mesin musik otomatis terdokumentasikan dengan baik di museum ini. Tiket masuk ke kastil dan museum-museumnya Cuma 3 Euro lo buat pelajar.. Murmer!!

17 18 19 20

  1. LICHTENSTEIN

Di kota ini terdapat kastil yang unik dan tiada duanya. Karena ukurannya yg gak besar tapi kecil (sama aje.. wkwk) dan letaknya di ujuang jurang. Untuk mencapai ke kastilnya kita harus mendaki dulu ke bukit-bukitnya. Capek tapi pasti terbayar lunas dengan kecantikan kastilnya…

25 26

  1. MAULBRONN

Maulbronn terkenal dengan area kloster yang bener-bener well preserved sampai-sampai termasuk dalam area yang terlengkap dan terawetkan denga sangat baik menurut UNESCO. Untuk masuk ke area klosternya tidak dipungut biaya alias GRATIIISSS…!!

27 28

 

Dicukupkan dulu ya… Baru segitu doang kota-kota antimainstream yang sudah saya kunjungi dan menurut saya juga layak buat dikunjungi teman-teman pembaca seandainya mampir di BW.

33 34

Selamat menikmati Baden-Wuerttemberg!! 😀

Mohon maaf kalo fotonya jelek, maklum gak hobi fotografi.. hehe

 

Ditulis oleh Arif Luqman
PhD Student Mikrobielle Genetik
AG Götz
Interfakultäres Institut für Mikrobiologie und Infektionsmedizin
Eberhard-Karls Universität Tübingen, Germany