“The most important thing is to try and inspire people so that they can be great in whatever they want to do.”
-Kobe Bryant-


Ide itu bisa muncul kapan saja, inspirasi bisa terjadi dimana saja. Begitupun dengan nasipadang, sebuah gerakan untuk menginspirasi anak-anak Indonesia melalui pengiriman kartu pos dari luar negeri. Obrolan seru sesama awardee LPDP-Jerman di WhatsApp group telah membawa kami untuk memodifikasi pengiriman kartu pos dari luar negeri untuk memberikan motivasi serta inspirasi bagi anak-anak Indonesia.

kartu pos

Kenapa harus kartu pos? Alat komunikasi ini telah ada sejak abad ke-18 di Eropa dan biasanya memiliki gambar yang unik di setiap daerah dimana kartu pos itu diterbitkan. Dan itu sangat unik menurut kami. Sepanjang ada kantor pos di suatu daerah, maka sudah dapat dipastikan ada kartu pos yang berasal dari daerah tersebut, paling tidak ibukota daerah tersebut. Kami membayangkan bahwa para awardee LPDP itu sangat banyak di dunia, yang ada di Jerman saja pun tidak bisa dikatakan sedikit, dan berada di kota-kota yang berbeda. Keragaman inilah yang bisa kita tularkan kepada anak-anak Indonesia dengan dibubuhi oleh kata-kata inspirasi dan semangat serta motivasi bagi mereka untuk dapat terus bersekolah mencapai cita-cita yang mereka inginkan.

Ke depannya, kami ingin terus memperbaiki sistem nasipadang ini agar lebih baik lagi dan bisa lebih banyak mengajak para mahasiswa Indonesia yang sedang studi di luar negeri untuk menjadi relawan nasipadang ini. Perlahan namun pasti, semangat kami tidak pernah luntur. Beberapa feedback dari penerima kartu pos yang sudah dikirimkan pun menjadi pemacu semangat kami untuk terus mengajak Anda berbagi inspitasi dari hal yang kecil ini.

 

Penulis : M. Yusuf Awaluddin (LPDP-Jerman Awardee, S3 University of Bremen)