“Barangsiapa ingin diluaskan rezeki nya, dan dimakmurkan usianya, hendaklah ia bersilaturrahim”

 

Tahun 2016 diawali dengan hal yang luar biasa bagi para awardee LPDP di Jerman. Bagaimana tidak, karena pada tanggal 2 hingga 5 Januari 2016, sekali lagi kegiatan Silaturrahim Formal sukses diadakan. Setelah pada sebelumnya kegiatan serupa diadakan di Kota Aachen, kini giliran Kota München yang menjadi lokasi kegiatan silaturrahim. Tujuan dari silaturrahim ini, tidak lain adalah untuk menjalin persaudaraan dan komunikasi antar sesama awardee yang berada di Jerman. Antusias dari teman-teman pun terlihat sejak awal karena banyak dari mereka yang mengusahakan untuk datang, meskipun sehari sebelumnya adalah hari perayaan tahun baru. Awardee yang datang pun mencapai puluhan jumlahnya.

 

Rencana Kegiatan Silaturrahim

Kegiatan Silaturrahim FORMAL-Januari 2016

 

Kegiatan silaturrahim ini didominasi dengan kegiatan berkunjung mengelilingi destinasi wisata favorit di Kota München.

  • Tanggal 2 Januari diagendakan sebagai hari kedatangan bagi awardee LPDP di Jerman yang juga merupakan anggota FORMAL. Tim tuan rumah dengan ramahnya menyambut mereka dan menjemput masing-masing rombongan di stasiun kedatangan, baik di Hauptbahnhof (main station) atau Zentraler Omnibus-Bahnhof (ZOB).
  • Pada tanggal 3 Januari, kegiatan yang dilakukan adalah mengunjungi Aldstadt, Nymphenburg Schloss, dan Stadion Allianz Arena. Pada malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan acara makan bersama di PM3, yang menjadi lokasi utama kegiatan Silaturrahim. Kegiatan makan bersama merupakan salah satu kegiatan yang di tunggu pada hari tersebut, mengingat suhu di ruangan terbuka yang mencapai -2 derajat celcius membuat tubuh cenderung merasa lapar. Salah satu hal yang menjadikan makan bersama semakin menyenangkan adalah terkait makanan yang tersaji, Masakan dengan cita rasa Indonesia. Perlu diketahui bahwa masakan Indonesia adalah salah satu hal yang berharga bagi WNI yang sedang merantau.
Marienplatz, Munchen

Marienplatz, Munchen

Kegiatan Diskusi

Kegiatan Diskusi FORMAL

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Kegiatan pada tanggal 4 Januari diagendakan khusus untuk mengunjungi Neuschwanstein Schloss yang berlokasi di daerah Fussen, kaki pegunungan alpen. Lokasi yang jauh menjadikan kunjungan ke lokasi tersebut memerlukan alokasi waktu yang khusus. Jarak perjalanan mencapai 2 jam menggunakan kereta “Regio” dari Kota nchen.     menuju stasiun Fussen.

 

Pemandangan pegunungan Alpen, Schwangau

Pemandangan Pegunungan Alpen, Schwangau

Selfie di Neuschwanstein Schloss

Groufies di Neuschwanstein Schloss

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tanggal 5 Januari adalah hari terakhir kegiatan silaturahmi. Pada hari tersebut, para awardee merencanakan kegiatannya secara mandiri. Hari tersebut pula menjadi jadwal kepulangan mereka ke kota masing-masing setelah liburan di akhir tahun.
Kepulangan peserta

Kepulangan peserta di HBF

Dengan semangat baru, inspirasi dan persaudaraan yang semakin erat, para awardee siap untuk melanjutkan tugasnya untuk melakukan studi, penelitian serta berkarya di Universitas dan Kota masing-masing. Hal tersebutlah yang menjadi prioritas dan alasan mereka berada di Jerman.

Terima kasih bagi tim Internal FORMAL dan tim tuan rumah (Mas Dimas Yoga, Mas Dimas Numan, Mas Aryan, Mbak Iga) yang telah berusaha keras menjadikan kegiatan Silaturrahim sukses dan menyenangkan. Semoga kegiatan serupa selanjutnya bisa jauh lebih menyenangkan lagi. Amiin