HERLIZH WILLKOMMEN IN DEUTSCHLAND, ini pasti kalimat pertama yang akan rekan-rekan baca setelah hampir 13-16 jam di udara dan kaki kembali menyentuh darat tiba di bandara (flughafen) Jerman, senang rasanya bisa tiba selamat di negara tujuan apalagi terbayang rencana kedepan terbentang indah selama kita menyelesaikan studi.Bayangan indah kehidupan di Jerman pasti sudah mengisi ruang-ruang otak kita kan? Tunggu dulu cerita indah itu HANYA BISA TERJADI dan HANYA AKAN TERJADI ketika kita sudah melakukan langkah birokrasi yang satu itu. Ya, proses registrasi kependudukan (Anmeldebestätigung) di Kantor Kecamatan (Bürgeramt) di kota tempat kita tinggal dimanapun alamat apartement kita berlokasi.

Sebelum lebih jauh, saya jelaskan dulu arti Anmeldebestätigung biar rekan-rekan tidak kebingungan membedakan dengan Anmeldebescheinigung. Pada saat kita datang, kewajiban yang disyaratkan oleh Uni/FH/Hochschule sebelum memulai perkuliahan adalah REGISTRASI, dan dokumen yang diminta saat registrasi perkuliahan tiada lain salah satunya KTP kita tinggal di kota tersebut itulah yang disebut Anmeldebescheinigung yang artinya Surat Keterangan Penduduk. Adapun proses untuk mendapatkan dokumen itu disebut Anmeldebestätigung atau proses registrasi. Lalu pertanyaannya bagaimana cara melakukan registrasi? Nah kalau penasaran lanjutkan baca ke paragrap selanjutnya ya.

Setelah kita memiliki tempat tinggal tetap/sementara, kita wajib membawa dokumen kontrak (Mietvertrag) atau Surat Keterangan care of (c/o) yang tertera nama kita berikut alamat jelas disertai paspor aseli, visa terstempel imigrasi di Jerman serta kemampuan bahasa Jerman basic. Pasti ada yang bertanya emang gaboleh pake bahasa Inggris? Boleh aja sih cuma form isiannya gada yang ditulis dalam bahasa selain Inggris, artinya tanpa ngerti bahasa Jerman agak sulit mengisi form dimaksud, kecuali nanya ke mukimin Indonesia yang sudah fasih berbahasa Jerman. Form ini bisa diperoleh dengan mudah di front office kantor Bürgeramt kok gratis hanya tinggal isi. Begini penampakan formular nya:

buergeramt 1       burgeramt 2

Saat mengambil form kita akan diberikan secarik kertas nomor antrian (persis kaya di bank di tanah air). Setelah mengisi form dua lembar di atas maka antrilah di ruang tunggu Kantor Kecamatan untuk menunggu giliran dipanggil. Saya kasih tips jitu cara proses registrasi kependudukan apabila kita belum membuat appoinment adalah, DATANG SEPAGI MUNGKIN saat hari Senin (di Berlin, Senin khusus layanan tanpa appoinment dan jam 7 kantor kecamatan sudah buka) jangan harap dapat antrian kalau anda datang setelah jam 9, karena banyak “pendatang tanpa termin” yang juga mencari peruntungan registrasi. Oh ya, begitu kita dipanggil kita akan ditanya kontrak rumah asli serta no paspor dan tanggal lahir. Pengalaman saya karena akan membawa keluarga, saya daftarkan pula dependant yang akan menyertai kita selama studi ditulis pada tabel di hal kedua form agar kita tidak perlu lagi melakukan registrasi saat keluarga kita datang. Tidak butuh waktu lama (pengalaman saya 10 menit) sudah bisa kita peroleh SATU LEMBAR KERTAS BERHARGA untuk kehidupan kita dalam berbagai urusan di Jerman kedepan. Beginilah surat Anmeldebescheinigung yang SANGAT PENTING tersebut:

burgermat 3

Pasti ada yang bertanya, apa sih pentingnya KTP secuir ini (pake kertas burem pulak)? Nih saya kasi tahu manfaat Surat Sakti ini bagi kehidupan anda 2, 4 atau 5 tahun kedepan:

  1. TIDAK MUNGKIN MEMBUKA REK BANK (BANK KONTO) tanpa ada surat ini.
  2. TIDAK MUNGKIN MENDAFTAR ASURANSI (KRANKENVERSICHERUNG) tanpa ada surat ini.
  3. TIDAK MUNGKIN MENDAPAT SEMESTER TICKET (STUDIERENDEAUSWEIS) tanpa ada surat ini.
  4. TIDAK MUNGKIN MELAKUKAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (online payment) tanpa ada alamat terdaftar.
  5. TIDAK MUNGKIN LAPOR DIRI KE KBRI/KONJEN tanpa ada surat ini.
  6. TIDAK MUNGKIN BISA PERWALIAN (WS/SS) tanpa ada surat ini.
  7. Masih banyak lagi hal-hal lain yang TIDAK MUNGKIN DIPENUHI tanpa surat ini.

So cukup jelas dan ngeri-ngeri sedap kan kegunaannya selembar Anmeldebescheinigung ini bahkan kalau saja budaya laminating ada di Jerman, saya pasti akan melaminasi Anmeldebescheinigung ini agar tetep kinclong dan mulus. Selanjutnya pasti sampai kapan berlakunya Anmeldebescheinigung ini. KTP ini HANYA BERLAKU apabila kita masih tinggal di alamat saat kita tinggal saat ini, dengan kata lain kalau kita pindah rumah/alamat maka kita WAJIB melakukan registrasi ulang. Kok repot amat??? Bayangkan begitu kita pindah tanpa mengurus penggantian alamat, seluruh dokumen dari pihak ketiga akan terkirim ke alamat lama kita. Terbayang ga sih info berakhirnya kontrak rumah, rek koran (Kontoauszug), Semester Ticket atau paket pos sampai ke alamat lama dan petugas pos tidak menemukan nama kita di alamat dimaksud? Kebiasaan di Jerman, hampir seluruh urusan birokrasi dikirim via pos (hampir jarang yang dikirim via email apalagi sms, line, whatsap atau facebook hehe. So jangan anggap enteng hal yang mudah ini, karena indahnya hidup di Jerman akan serta merta hancur berantakan tanpa mengurus alamat baru. Jangan ragu-ragu, proses ini jauh dari sulit, mintalah kolega anda di kota tujuan untuk mencarikan alamat kantor kecamatannya, khusus anda pengunjung web FORMAL Jerman dimanapun kota anda tinggal kami Keluarga LPDP Jerman akan senang hati membantu anda mengurus hal-hal seperti ini. Semoga bermanfaat, selamat bergabung dengan keluarga FORMAL Jerman dan selamat menjelajah Jerman yang penuh sejarah ya…

Awal musim panas 2015

Penulis : Ron Soesman (Awardee LPDP Jerman, S3 Technische Universitaet Berlin)