Jerman memang negara yang ‘spesial’. Ada peraturan (terus terang saya sendiri juga belum pernah baca peraturannya seperti apa) yang mengatur bahwa jika usia Anda diatas 30 tahun maka Anda diasumsikan bukan lagi seorang mahasiswa. Konsekuensinya adalah Anda tidak dapat menikmati beberapa atau bahkan semua fasilitas dan subsidi yang diberikan pemerintah Jerman kepada mahasiswanya.

 

Mengurus asuransi bisa jadi bukan masalah besar bagi mahasiswa yang berusia dibawah 30 tahun (entah yang masih single ataupun yang sudah berkeluarga) ataupun mahasiswa yang berusia diatas 30 tahun (yang single). Karena asumsinya, bagi mahasiswa yang berusia dibawah 30 tahun, Anda masih bisa mendaftar ke beberapa asuransi publik (AOK, TK, Barmer GEK, DAK) tanpa perlu banyak trik, dalam hal ini Anda cukup mendatangi kantor asuransi publik mana saja yang terdekat dengan tempat tinggal Anda, mengisi form pendaftaran dan.. voila!! Asuransi kesehatan Anda akan disetujui.

 

Sedangkan bagi mahasiswa yang berusia diatas 30 tahun (yang single), meskipun (secara peraturan) tidak bisa mendaftar ke asuransi publik, hal ini juga menurut saya bukan menjadi masalah, karena jika Anda tidak mau pusing, karena beberapa suransi kesehatan private memberikan kemudahan pelayanan kepada para calon nasabahnya berupa online-application via website (Mawista, Care-Concept) atau kalau Anda mau yang agak bonafide sedikit, Anda bisa berkunjung kantor cabang asuransi private (saya prefer Hanse Merkur), mengisi form pendaftaran dan.. tunggu beberapa saat maka asuransi kesehatan Anda akan diapprove.

 

Tidak usah terlalu pusing jika usia Anda sudah lebih dari 30 tahun dan masih berstatus single, karena LPDP akan membayar secara at cost premi asuransi kesehatan Anda asalkan asuransi tersebut masih dalam skema basic health insurance. Masalah biasanya mulai timbul jika Anda berusia diatas 30 tahun dan berniat membawa keluarga. Jika Anda ikut asuransi privat maka Anda diwajibkan membayar per kepala untuk tiap anggota keluarga Anda, karena asuransi privat tidak ada skema asuransi kesehatan untuk keluarga.

 

Solusi yang paling memungkinkan jika Anda sudah berusia diatas 30 tahun dan sudah berkeluarga adalah ikut asuransi publik yang memiliki skema family insurance. Saya akan mencoba memberikan beberapa tips yang saya alami sendiri sebagai mahasiswa yang berusia diatas 30 tahun ketika mendaftar asuransi kesehatan publik di Jerman. Beberapa kasus yang akan saya jelaskan disini bisa jadi kasuistis yang hanya berlaku di München, tapi semoga bisa diduplikasi di kota lain di Jerman.

 

  1. Daftar asuransi kesehatan private

Saya akan langsung to the point dan mengasumsikan Anda sudah selesai dengan urusan registrasi alamat (Anmeldebestätigung) dan membuka rekening bank di Jerman. Langkah selanjutnya adalah Anda perlu daftar asuransi kesehatan private terlebih dahulu. Kenapa kok tidak langsung mendaftar asuransi kesehatan publik saja? Disinilah letak triknya, Anda memerlukan asuransi kesehatan private sebagai salah satu syarat pengajuan residence permit (Aufenthaltserlaubnis) Anda di Jerman.

 

Saya pribadi merekomendasikan HanseMerkur, karena saya dulu pakai asuransi ini sebelum pakai TK. Nama produknya adalah HanseMerkur Travel Health Insurance. Lho, bukannya untuk daftar residence permit tidak boleh pakai travel insurance? Produk ini bukan travel insurance murni, melainkan produk hybrid antara travel insurance dan health insurance. Saya pakai asuransi ini ketika mengajukan residence permit di München dan saya juga yakin hal inipun bisa diaplikasikan di kota lain. Anda bisa datang langsung ke kantor asuransi HanseMerkur terdekat untuk bertanya lebih lanjut atau bisa daftar langsung di alamat websitenya (https://www.hmrv.de/web/en/travel-insurance/au-pairs-pupils-students-and-trainees/pupils-students-and-trainees).

 

Masa pertanggungan asuransi kesehatan private ini tidak usah terlalu lama, karena toh nantinya Anda akan daftar asuransi publik juga. Kalau saya sendiri cukup mendaftar 3 bulan saja semenjak kedatangan saya di Jerman. Kenapa kok 3 bulan? Karena asumsi saya adalah saya memerlukan waktu tunggu sampai residence permit saya jadi terlebih dahulu sebelum beralih ke asuransi publik. Selain itu, syarat untuk mendaftar asuransi publik dengan skema voluntary (skema ketika kita sudah memiliki asuransi privat tapi ingin beralih ke publik) adalah kita juga harus bisa membuktikan bahwa asuransi kesehatan kita masih aktif dan rutin membayar premi sebelum beralih ke asuransi publik.

 

  1. Ajukan residence permit

Jika asuransi kesehatan private Anda sudah jadi (waktu tunggu yang normal biasanya maksimum adalah 14 hari kerja), maka segera ajukan aplikasi untuk membuat residence permit. Saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang syarat untuk membuat residence permit di Jerman karena saya yakin informasi ini sudah banyak tersedia di Ausländerbehörde di kota masing-masing ataupun di berbagai blog mahasiswa yang kuliah di Jerman, silakan di-googling saja.

 

  1. Daftar asuransi kesehatan publik

Setelah anda selesai dengan urusan residence permit (waktu tunggu sampai residence permit jadi biasanya bervariasi antara 4-8 minggu), segera datang ke kantor asuransi publik terdekat (saya prefer TK) untuk mendaftar asuransi dengan skema voluntary. Anda perlu tarik nafas panjang terlebih dahulu dan menjelaskan ke petugas customer service (Kundenberatung) bahwa Anda ingin beralih dari asuransi private ke asuransi publik dengan skema voluntary.

 

Saya akui sampai tahap ini kadang tidak mudah meyakinkan petugas tersebut, karena memang skema ini jarang sekali ditawarkan oleh asuransi publik dan jarang diketahui oleh masyarakat. Jika Anda ditolak oleh satu petugas, saran saya jangan menyerah terlebih dahulu, cukup datang keesokan harinya dan coba jelaskan ke petugas yang lain, ulangi langkah ini sampai Anda menemukan petugas yang cukup sabar dengan Anda. Jika Anda sudah menemukan petugas yang siap membantu Anda maka, biasanya Anda akan dimintai beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Paspor
  2. Anmeldebestätigung
  3. Aufenthaltserlaubnis
  4. Letter of Sponsorship
  5. Asuransi private yang masih berlaku
  6. Form pendaftaran yang sudah diisi
  7. Pas foto biometrik 3,5 x 4,5 1 lembar

 

Jika berkas aplikasi sudah masuk dan pengajuan Anda disetujui maka maksimal 14 hari kerja Anda akan menerima surat dari TK yang berisi konfirmasi bahwa Anda sudah resmi menjadi anggota asuransi TK. Untuk kartu asuransinya sendiri biasanya datang terpisah beberapa saat setelah surat konfirmasi tersebut Anda terima terlebih dahulu.

 

Untuk besar premi bulanannya, TK akan memperhitungkan berdasarkan prosentase pendapatan kita setiap bulan, dalam hal ini adalah prosentase dari living allowance yang kita terima, karena living allowance akan dianggap pendapatan awardee oleh TK. Sekedar informasi, untuk saya sendiri besar peremi bulanan yang harus saya bayar untuk tahun 2016 ini adalah EUR 193,6 per bulan, tidak peduli saya masih single ataupun sudah berkeluarga saya tetap harus membayar sejumlah itu.

 

Sebagai catatan penutup, beberapa catatan dan asumsi yang perlu saya sampaikan adalah:

  1. Trik ini (bisa jadi) hanya berlaku bagi Anda yang baru datang masih dalam hitungan bulan di Jerman, karena ada beberapa kemungkinan bahwa dengan skema voluntary Anda akan diminta untuk membayar asuransi kesehatan sejak pertama kali Anda menginjakkan kaki di Jerman. Sebagai contoh: Saya datang bulan Oktober 2015, baru resmi terdaftar sebagai member di TK bulan Januari 2016, maka saya diminta TK untuk membayar asuransi saya mulai dari bulan Oktober 2015, bukan dari Januari 2016. Saya tidak tahu apakah hal ini kasuistis tetapi itulah yang saya alami dan beberapa teman saya di München yang coba menerapkan trik yang sama, namun untuk yang sudah tinggal lama di Jerman juga tidak ada salahnya jika mau mencoba.
  2. Saya sumsikan Anda adalah orang yang masih baru datang ke Jerman dan akan mengikuti trik saya, maka saran saya terkait dengan sistem reimburse yang diberlakukan oleh LPDP dalam membayar asuransi adalah, Anda harus mengikhlaskan pembayaran premi asuransi kesehatan private di 3 bulan pertama, anggap saja itu adalah investasi Anda untuk mendapatkan asuransi publik di Jerman. Jangan ajukan reimburse ke LPDP untuk asuransi kesehatan private ini, Anda cukup ajukan reimburse (atau meminta TK mengeluarkan official invoice agar LPDP membayar asuransi setahun kedepan in advance) hanya di asuransi publik saja agar nanti tidak merepotkan Anda sendiri di kemudian hari.

 

Semoga informasi ini dapat berguna bagi teman-teman semuanya, terutama bagi teman-teman FORMAL yang sudah berusia diatas 30 tahun dan berencana akan membawa keluarga. Viel Glück! :)

 

Oleh: Dimas Yoga Rukmana | Awardee LPDP PK-38 TU München