Mata adalah jendela dunia yang kita butuhkan untuk melihat keindahan dunia. Apa jadinya kalau kita mempunyai masalah dengan penglihatan kita, tentu akan membatasi aktifitas kita. Apalagi untuk para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu, akan sangat menyulitkan apabila kita tidak dapat melihat penjelasan presentasi dosen di depan kelas, sulit membaca referensi kuliah, atau terhambat untuk menyelesaikan tugas. Beruntungnya, kacamata tercipta untuk menolong orang-orang yang membutuhkan dalam kesehariannya, terlepas dari berbagai masalah mata yang memang jenisnya banyak sekali.

Bagi kita yang sudah menggunakan kacamata sejak dari Indonesia, tentu tidak akan terlalu menjadi masalah. Kita sudah mempunyai langganan optik untuk kacamata kita dan sudah tahu apa yang harus kita lakukan dan yang kita butuhkan. Namun bagaimana bagi kita yang membutuhkan kacamata setelah berada di Jerman untuk kali pertama, atau bagaimana jika kita harus mengganti kacamata lawas yang kita punya? Tak perlu khawatir, ada banyak optik di Jerman dan tinggal datang saja ke optik terdekat di kota Anda. Walaupun tentu saja tidak sesederhana itu juga, informasi dan rekomendasi terkait optik yang bagus tentu saja dibutuhkan. Tulisan ini coba mengulas pengalaman kami dalam memilih optik favorit di Jerman.

Kami sekeluarga, dengan dua orang anak, membutuhkan dan menggunakan kacamata selama di Jerman ini dengan permasalahannya masing-masing. Setelah melalui penelusuran informasi, rekomendasi dan mencoba beberapa optik di kota kami, pilihan dijatuhkan kepada Optik Fielmann (bukan iklan loh ya..). Ada beberapa alasan yang mendasarinya, diantaranya adalah :

  1. Mempunyai jaringan yang luas di kota-kota di Jerman.

Coba saja tengok sambil jalan-jalan pusat kota Anda di Jerman, kalau masih belum yakin juga, coba cek dulu di websitenya www.fielmann.de. Tentu dengan jaringan yang luas ini akan memudahkan kita untuk memperoleh atau untuk memperbaiki kacamata kita.

  1. Bahasa Inggris

Apabila merasa mempunyai keterbatasan dalam bahasa Jerman, tidak perlu khawatir juga, mereka mampunyai staf yang biasanya bisa berbahasa Inggris. Teringat seorang kawan yang sampai merequest staf yang bisa berbahasa Inggris saat kunjungan pertamanya ke optik ini.

  1. Pilihan kacamata yang beragam

Mereka mempunyai variasi yang sangat banyak, mulai dari frame kacamata yang paling mahal dengan merek terkenal hingga frame yang gratis saja, atau dikenal dengan nama „null tarif“ dalam istilah mereka. Seperti juga di optik Indonesia, saat membeli kacamata, harga final adalah kombinasi antara harga lensa dengan harga frame. Harga lensa tergantung resep kacamata kita yang diberikan oleh dokter atau hasil pemeriksaan di optik. Pilihan produsen lensa pun turut mempengaruhi harga final lensa yang akan kita pesan. Sedangkan untuk frame, kita bisa memilih sesuai keinginan dan budjet kita. Frame dengan istilah „Null tarif“ pun tidak kalah keren dan berkualitas jika dibandingkan dengan frame bermerek dan berbayar lainnya. Saya dan beberapa kawan lainnya pun memilih tipe ini dan sejauh ini tetep oke kok.

  1. Staf yang profesional

Ada satu hal yang menarik kalau kita melihat pegawai-pegawai di optik ini; semuanya memakai kacamata! Mungkin ini salah satu syarat penerimaan pegawainya, entahlah. Terlihat keren,elegan dan cantik tentunya, petugasnya masih muda-muda dan berganti-ganti kalau di optik langganan kami. Uups, kembali ke laptop.

Kita bebas memilih frame yang kita mau, namun kalau kita bingung dengan banyaknya frame yang berjejer, bisa kok kita minta petugasnya untuk mencarikan frame yang cocok buat kita. Kalau tertarik dengan „Null tarif“ tinggal sampaikan juga, dan kita tinggal duduk manis. Setelah mendapatkan frame yang cocok, baru kita memilih lensa yang sesuai dengan resep yang kita miliki dengan bantuan petugas tadi. Tak perlu lama, apabila sudah deal dan diukur urusan teknisnya, kita akan diberikan tanda bukti untuk mengambil kacamatanya apabila sudah selesai. Biasanya pesanan diselesaikan dalam waktu maksimal 2 minggu, dan diinformasikan melalui SMS.

  1. Bengkel perbaikan

Apabila ada masalah dengan kacamata kita, tak perlu ragu untuk kembali ke optik dan meminta perbaikan kacamata. Mereka menyediakan booth khusus untuk pebaikan ini dan dilayani oleh staf mereka. Sebetulnya sih tidak apa-apa juga kalau kita tidak beli kacamatanya tidak di optik ini, terus minta bantuan untuk diservice di sini, tinggal masuk saja, toh tidak ditanyakan dari mana belinya. Tentu saja hanya perbaikan minor yan bisa dilayani, seperti frame yang bengkok, lensa yang lepas, dll. Kalau lensa pecah tentu Anda harus mengganti baru.

  1. Tawaran Asuransi

Saat bertransaksi biasanya ditawarkan, apakah akan membeli polis tambahan untuk kacamata yang kita beli atau tidak. Harga polisnya sekitar 10 € untuk satu tahun, hasil kerjasama dengan perusahaan asuransi Hanse Merkur. Apabila kacamata tersebut rusak, terjatuh, terinjak, lensa pecah, hilang, atau resepnya berubah, maka dapat dicover oleh asuransi sebesar 70% dari harga finalnya, sedangkan sisanya kita sendiri yang bayar. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama bagi kacamata anak-anak, yang biasanya rentan terhadap situasi di atas. Jadi benefit ini bisa dimanfaatkan. Oh iya, saya tidak terlalu yakin kalau asuransi publik akan membayar biaya pembuatan kacamata dewasa. Kalau untuk anak-anakmasih memungkinkan dengan cara reimburse ke perusahaan asuransi publik kita (tapi saya belum pernah mencobanya). Sedangkan untuk asuransi privat, ini juga tergantung polis yang kita pegang, bisa mengcover hingga maksimal limit tertentu. Untuk kasus saya, asuransi privat saya mengcover hingga 100 €, lumayan lah.

  1. Pemeriksaan gratis

Ini juga kelebihan optik ini yang saya suka. Mereka mempunyai alat yang cukup canggih dan tidak kalah dengan klinik privat dokter mata. Sehingga tingkat akurasi kacamata dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai catatan saja, kalau pemeriksaan di optik ini hanya diperuntukan bagi dewasa, sedangkan untuk anak-anak hanya bisa dilakukan oleh dokter mata, dan optik hanya menerima resep jadi saja.

Bila Anda tidak suka dengan kacamata yang Anda dapatkan, tinggal kembalikan saja dalam waktu 2 minggu, dan uang akan dikembalikan. Untuk itu bagi Anda yang mempunyai masalah dengan mata Anda, tak perlu ragu untuk segera mendatangi dokter mata Anda atau optik secara langsung. Tak perlu juga menunggu saat mudik ke Indonesia agar mendapatkan harga miring. Semakin cepat masalah penglihatan Anda terselesaikan, semakin cepat pula keindahan dunia ini akan Anda rasakan.

Penulis : M. Yusuf Awaluddin

-S3 Bremen Universität-