FORMAL Jerman sebagai wadah organisasi penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Jerman memiliki fungsi untuk memfasilitasi dan mempererat hubungan kekeluargaan antara sesama penerima beasiswa LPDP serta berpartisipasi aktif dalam memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya.

Setelah dibentuk pada pada tanggal 21 Desember 2014 di Berlin Bradenburg, FORMAL Jerman saat ini telah melewati dua periode kepengurusan. Pada Muktamar Pertama di Berlin ditetapkan saudara Leo Yulyardi, mahasiswa Master RWTH Aachen, sebagai koordinator FORMAL Jerman 2015 dan pada muktamar kedua di Aachen, Fauzan Saputra, mahasiswa Master RWTH Aachen, terpilih sebagai koordinator FORMAL Jerman 2015-2016.

Pada kepengurusan 2016-2017 ini, sebagai tindaklanjut dari hasil muktamar FORMAL Jerman ketiga di Dresden 27-28 Agustus 2016, FORMAL Jerman memiliki komitmen untuk terus berusaha menjalankan fungsinya sebagai perekat kekeluargaan antar sesama putra-putri terbaik bangsa penerima beasiswa LPDP di Jerman serta berinovasi dan berkreasi untuk memberikan kontribusi positif dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

Untuk menjalankan fungsinya tersebut, FORMAL Jerman 2016-2017 memilik visi dan misi sebagai berikut:

Visi :

Terwujudnya FORMAL Jerman sebagai wadah kontribusi yang dekat bagi anggotanya dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pembangunan Indonesia.

Misi:

  1. Menjadi wadah aspirasi bagi penerima beasiswa LPDP di Jerman dalam hal akademik dan non akademik
  2. Meningkatkan partisipasi penerima beasiswa LPDP di Jerman dalam pelaksanaan berbagai program kerja serta menjadi wadah untuk aktualisasi diri seluruh penerima beasiswa LPDP di Jerman
  3. Memperkenalkan FORMAL Jerman kepada mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Jerman
  4. Mendorong kontribusi positif penerima beasiswa LPDP di Jerman bagi perkembangan pembangunan Indonesia